Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wajib Tahu! Ini 7 Cara Menabung untuk Umroh yang Cocok Buat Kamu

Wajib Tahu! Ini 7 Cara Menabung untuk Umroh yang Cocok Buat Kamu

Anda tahu bahwa Anda bisa mendapatkan Umrah jika Anda mau, jadi cobalah untuk menghemat uang untuk itu. Umrah adalah salah satu target bagi umat Islam di seluruh dunia. Semua orang tua dan muda, pria dan wanita semua ingin memiliki kesempatan untuk mengunjungi Mekah. Namun, setiap Muslim harus sepenuhnya mempercayai penghasilannya untuk menyelesaikan ibadah ini.

Baik Muslim berpenghasilan tinggi maupun rendah yang ingin menunaikan umrah harus hati-hati memaksimalkan pendapatan mereka. Selain untuk memenuhi biaya perjalanan mengunjungi tanah air, orang yang ingin melakukan umrah harus memiliki sumber daya yang diperlukan untuk hidup selama kegiatan festival. Dalam hal ini, Anda tidak perlu menganggarkan banyak uang untuk bisa melakukan umroh. Mari kita kenali bagaimana cara menabung untuk umroh melalu penjelasan dibawah ini!

Cara Menabung untuk Umroh

1. Kenali Target Tabungan Umroh

Tentukan tujuan Anda ingin beribadah di Mekkah, kemudian Anda perlu riset biaya umroh untuk menentukan paket terbaik yang sesuai dengan kemampuan finansial Anda. Setelah Anda memutuskan target tersebut, Anda harus menyisihkan waktu dan perhatian Anda untuk menghemat uang. Setelah itu, tetapkan target Anda dan jangka waktu yang ingin Anda simpan. Target ini dapat membuat anda lebih bersemangat dalam mencapau tujuan keuanganmu yang maksimal.

Untuk biaya umroh rata-rata sekitar Rp. 28 juta hingga Rp. 35 juta untuk setiap individu. Namun, pendanaan item Anda saat bertindak di tanah suci ini tidak termasuk dalam biaya ini. Sangat penting bagi Anda untuk mempertahankan tujuan Anda sehingga niat Anda dapat diimplementasikan sesegera mungkin.

2. Sisihkan 10% dari Gaji Bulanan

Cara paling praktis untuk menabung untuk Umrah adalah dengan menetapkan anggaran berkelanjutan minimal 10% dari pendapatan bulanan Anda. Pada awal pendaftaran umroh, Anda harus melakukan pembayaran uang muka (DP) sebagai dana jaminan. Dengan begitu, Anda bisa memiliki pengeluaran rutin untuk persiapan Mekkah. Jika Anda memiliki gaji bulanan Rp 6 juta, maka Anda bisa mengalokasikan minimal Rp 600.000 setiap bulan ke dana tabungan khusus umroh. Namun, Anda juga dapat menetapkan target tabungan bulanan yang diinginkan.

3. Pilih Travel Umroh yang Tepat

Kini Anda dapat melakukan perjalanan untuk memenuhi kebutuhan umrah dengan mudah dan hemat. Pilih paket liburan yang sesuai dengan anggaran Anda dan memberi Anda lebih banyak fleksibilitas selama Umrah. Seringkali ada travel umroh bodong yang menawarkan harga yang sangat murah dan tidak memiliki izin resmi. Maka dari itu jangan sampai anda terjebak yaa!

4. Manfaatkan Promo Khusus

Perjalanan umrah biasanya mencakup berbagai voucher promosi yang membuatnya lebih murah. Dengan menggunakan voucher ini, Anda dapat mengamankan harga yang lebih rendah. Anda mungkin juga mendapat manfaat dari perjalanan yang lebih terjangkau dengan memanfaatkan salah satu diskon ini. Agen perjalanan mungkin menawarkan diskon besar jika Anda merujuk orang lain untuk menjadi rekan mereka atau berpartisipasi dalam sistem MLM. Jangan lupa untuk memeriksa kondisi dan persyaratan sebelum Anda memasukkan uang.

5. Buka Rekening Tabungan Umroh

Muslim dapat menabung untuk Umrah melalui bank Islam dengan membuka rekening yang dirancang untuk tujuan tersebut. Kemudian, mereka dapat memanfaatkan rekening tersebut untuk keperluan umrah dan membelanjakan uang lainnya untuk pengeluaran sehari-hari mereka. Beberapa bank menawarkan program tabungan yang cocok untuk umat Islam yang ingin mengatur dana untuk perjalanan ke Mekah.

6. Cari Pekerjaan Tambahan

Jika Anda perlu mencapai target tabungan Anda secepat mungkin, Anda dapat menghabiskan lebih banyak waktu untuk bekerja dari rumah. Anda dapat menggunakan keahlian dan minat Anda untuk mengerjakan berbagai proyek berbeda selain pekerjaan utama Anda. Sekarang, setiap orang memiliki kesempatan untuk menjadi freelancer online tanpa harus mengunjungi tempat kerja.

7. Mulai Menabung dan Investasi

Tujuan ibadah Anda akan terpenuhi ketika Anda menabung secara teratur. Jadi, Anda bisa mulai menabung secara konsisten setiap bulannya agar Anda memiliki cukup uang untuk pergi haji guna mencapai tujuan ibadah pura Anda. Selain menabung di rekening tertentu, jemaah Muslim juga dapat berniat untuk membayar haji dengan menggunakan berbagai alat investasi. Emas dan reksa dana merupakan produk investasi jangka panjang yang cocok untuk Anda.

Kesimpulan

Tidak peduli latar belakang Anda, semua orang bisa belajar bagaimana mempersiapkan diri untuk pergi haji. Untuk mendanai perjalanan haji secepat mungkin, penting untuk merancang tujuan tabungan tertentu, memeriksa perjalanan yang sesuai dan aman, memasukkan uang ke rekening khusus, menyisihkan 10% dari penghasilan Anda, mencari pekerjaan tambahan, dan mulai membeli alat jangka panjang dan sumber daya lainnya. Umrah bukanlah satu-satunya hal yang ditawarkan dengan harga menarik, tetapi Anda hanya perlu bekerja dengan penyedia yang diasuransikan.

Kini saatnya untuk mulai menabung dan berinvestasi secara rutin agar Anda bisa melaksanakan umroh sesuai dengan target Anda. Keuntungan finansial Anda atau kekurangannya tidak menjadi penghalang dalam hal menabung dan berinvestasi. Saat ini ada banyak perusahaan investasi online yang memungkinkan Anda membuat keputusan yang tepat dengan cara yang aman dan mudah dengan menginvestasikan keuntungan.

Post a Comment for "Wajib Tahu! Ini 7 Cara Menabung untuk Umroh yang Cocok Buat Kamu"